Taman Balekambang

Rekam Jejak Persatuan Wartawan Indonesia

Jalan Balekambang No.1, Banjarsari, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139
Jam Buka: Senin – Jumat Pukul 06:00 – 17:00
Telepon: (0271) 736227

Tiket Masuk
Gratis

Taman Balekambang Solo telah resmi dibuka sejak tahun 2008 sebagai hutan kota bagi para warga Surakarta. Dalam taman tersebut terdapat Belasan pepohonan yang tumbuh di tanah seluas lima hektar yang memberikan efek sejuk dan hijau kepada semua pengunjung. Nama Balekambang, berasal dari gabungan kata Jawa yakni bale ( Balai) dan kambang (Mengapung). Kata tersebut merujuk pada sebuah balai yang ibangun di atas telaga kecil di masa lampau.

Pembangunan Tamab Balekambang dilakukan pada tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunagara. Awalnya, nama taman ini adalah Partini Tuin, yaitu nama dari putri kecil KGPAA Mangkunagara. Pembuatan taman tersebut ditujukan untuk mengabadikan putri kesayangan KGPAA Mangkunagaran yang bernama Partini. Selain pemandangn hijau serta kolam ikan yang cukup luas, di taman tersbut juga disimpan erbagai seni tradisional seperti ketoprak dan juga tari-tarian juga sering digelar di taman ini secara rutin setiap malam.

Jika anda mengenal group Lawak Srimulat, maka di Taman Balekambang inilah group lawak tersebut sempat berjaya. Saat Srimulat masih sering melakukan pertunjukan i Taman Balekambang, tempat tersebut selalu ramai oleh para pengunjung, akan tetapi, setalah Srimulat meningalkan Balekambang, taman ini menjadi sunyi dan sepi karena para pengunjung tidak lagi banyak yang datang ke taman ini.

Sempat melalui masa kelam diaman taman ini sepi oleh pengunjung, saat ini taman ini kembali menjadi salah satu primadona wisata di Solo. Banyak pengunjung yang datang untuk sekedar bersantai dan bercengkrama bersama keluarga, bahkan beberapa ada yang menggunakan taman ini sebagi tempat pengambilan foto iklan maupun untuk pre-weding. taman Balekambang sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyambut para tamu penting, acara pesta terbuka, serta Gala dinner yang sangat mengesankan.

Daya tarik lain dari taman Balekambnag adalah adanya beberapa satwa seperti menjangan dan angsa yang juga tinggal i area taman ini. Rusa yang ada di taman sudah sangat jinak dan bisa berinteraksi denga baik bersama para pengunjung yang datang mendekat untuk berfoto atau sekedar mengelus dan memberikan makanan. Taman Balekambang juga sering dijaikan tempat festival atau lomba – lomba yang juga semakin membuat Taman Balekambang dikenal dan diketahui oleh banyak orang.

Di Taman Balekambnag, telah disediaka berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung antara lain perahu kayuh, kereta kuda, juga mobil-mobilan dengan kapasitas empat orang dapat digunakan untuk berkeliling di Taman Balekambang. Lokasi taman Bale kambang juga sangat strategis dan mudah dijangkau karena berada di pusat kota Solo, tepatnya di Jalan Balekambang No.1, Banjarsari, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Untuk berkunjung ke taman ini, tidak perlu membayar tiket masuk, pengunjung hanya harus membayar uang parkir kendaraan yakni Rp. 2000 untuk sepea motor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *