Tengkleng Klewer Bu Edi

Kelezatan Tengkleng Langganan Presiden

Pasar Klewer Solo Lantai Dasar, Jalan Doktor Radjiman, Gajahan, Kauman, Ps. Kliwon, Solo, Jawa Tengah 57122
Jam Buka: Setiap hari 12.30 -16.00 WIB

Range Harga:
Rp 25.000

Berkunjung ke Solo tak afdol jika belum berkunjung ke tempat yang satu ini, Tengkleng Klewer Bu Edi. Tengkleng merupakan olahan tulang kambing yang menyerupai gulai, tapi memiliki kuah yang lebih encer dengan rasa pedas manis. Konon, dahulu tengkleng adalah makanan rakyat jelata yang tidak bisa menikmati makanan olahan daging kambing seperti sate atau gulai. Namun, jangan salah sangka meskipun olahan yang satu ini hanya dari tulang kambing, tapi rasanya begitu enak melebihi kelezatan makanan olahan dari daging.

Warung Tengkleng Bu Edi buka siang hari pukul 12.30, namun antrian sudah memadati warung sejak satu jam sebelum warung buka. Hanya dalam 2-3 jam tengkleng Bu Edi sudah ludes terjual. Oleh karena itu, para pembeli memilih antri sebelum warung buka, sebab takut kehabisan.

Sejarah berdirinya Warung Tengkleng Klewer Bu Edi ini, bermula dari nenek Bu Edi yang menjajakan tengkleng dengan berkeliling pasar klewer. Akhirnya setelah lima tahun menjajakan tengkleng dengan menggendong wadah dan berkeliling pasar, barulah pada tahun 1980, nenek Bu Edi membuka warung hingga sekarang.

Kelezatan Tengkleng Bu Edi ini sduah terkenal sampai ke luar Solo. Bahkan Presiden Jokowi menjadi pelanggan setia dari Tengkleng Bu Edi. Bahkan pada acara pernikahan anaknya,Gibran Rakabuming Raka, Presiden Jokowi mengundang Bu Edi untuk menyajikan tengkleng klewer yang melegenda tersebut. Selain Presiden Jokowi, mantan Presiden SBY pun juga pernah mengundang Bu Edi untuk menghidangkan tengklengnya dalam acara open house lebaran.

Tidak hanya para presiden, Tengkleng Klewer Bu Edi juga menjadi langganan para pejabat sekelas menteri. Para menteri ini pun juga mengundang Bu Edi untuk menyajikan tengkleng di acara mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *