Pasar Triwindu

Surga Bagi Penggemar Barang Antik

Jl. Diponegoro, Ngarsopuro, Banjarsari, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131
Jam Buka: Setiap hari. 09.00 -17.00 WIB

Tiket Masuk:
Gratis

Kota Solo sangat lekat kaitannya dengan kebudayaan jawa, adat jawa dan kesenian jawa yang begitu kental. Jika ingin menyaksikan pesona kebudayaan dan kesenian jawa, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Pasar Triwindu. Pasar Triwindu ini terletak di Jalan Diponegoro, Ngarsopuro. Tak jauh dari Pura Mangkunegaran.

Tidak seperti kebanyakan pasar biasanya, Pasar Triwindu menyediakan barang-barang antik jaman dahulu, bahkan juga ada barang-barang antik dari keraton. Bagi para kolektor barang antik, Pasar Triwindu menjadi surga yang menyediakan beragam benda bernilai sejarah dan suvenir-suvenir jadul.

Aneka koleksi kain batik, uang, koin kuno, gramofon tua dari Eropa, wayang-wayang yang terlukis di papan kayu tua, sepeda dari tahun 1930, keramik, telepon kuno, kerajinan logam, topeng, hingga berbagai benda yang diklaim sebagai fosil makhluk purba di Sangiran juga bisa ditemukan di sini. Begitu banyak benda antik dapat ditemukan di pasar ini. Dan Anda dijamin tak akan bosan untuk menyusuri setiap lorong-lorong di Pasar Triwindu. Selain banyak barang antik yang berwarna-warni, para pedagang yang ramah juga dengan senang hati akan menyambut Anda. Jadi jangan sungkan untuk bertanya.

Pasar Triwindu memiliki 2 lantai, umumnya kios-kios di lantai pertama menawarkan berbagai barang seperti pajangan, aksesoris, uang kuno, koin kuno, alat elektronik kuno, buku langka, sepatu, barang etnik dan masih banyak lagi. Sedangkan kios di lantai dua lebih menjual barang antik yang berukuran besar seperti lemari, meja, tempat tidur, sepeda ontel dan alat otomotif (spare part) keluaran lama yang kini sulit ditemukan. Apabila beruntungan, Anda dapat menemukan benda bernilai historis tinggi dan benda pusaka dari keraton. Namun, Anda harus berhati-hati. Sebab tidak semua benda yang dijual merupakan benda kuno. Ada beberapa benda baru yang dibuat menyerupai benda-benda kuno.

Harga barang-barang antik yang ditawarkan di pasar ini bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Hal ini tentunya disesuaikan dengan histori, keunikan, serta tahun pembuatan yang dimiliki barang tersebut. Makin langka, unik, dan memiliki nilai historis yang tinggi maka semakin mahal harganya. Jangan segan-segan untuk menawar, karena hal tersebut biasa terjadi di Pasar Triwindu.

Yang lebih unik lagi dari Pasar Triwindu ini adalah pembayaran dapat dilakukan melalui sitem barter. Anda dapat menukarkan koleksi barang antik yang Anda miliki di pasar ini. Para penjual akan senang hati mau bertukar dengan barang koleksi Anda.

Selain sebagai tempat jual-beli barang antik, pasar ini juga sering dijadikan sebagai objek untuk berfoto-foto.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *